Pengertian Akuntansi



Pengertian Akuntansi secara umum

          Akuntansi adalah ilmu dalam menghitung, mengukur, dan mencatat sebuah data keuangan menjadi sebuah informasi yang tepat, terukur, dan relevan untuk mengambil keputusan yang baik bagi perusahaan.



Pengertian Akuntansi menurut para ahli


1.  Soemarso S.R. menyatakan Suatu displin ilmu yang menyediakan informasi yang penting, sehingga memungkinkan adanya pelaksanaan dan penilaian jalannya perusahaan secara efisien.

2.  American Accounting Association menyatakan yakni Proses mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

3.  Donald E. Kieso Menyatakan Akuntansi bisa didefinisikan secara tepat dengan menjelaskan tiga karakteristik penting dari akunatansi; (1) pengidentifikasian, pengukuran dan pengomunikasikan informasi keuangan tentang (2) entitas ekonomi kepada (3) pemakai yang berkepntingan.

4.  Warren, dkk. Menyatakan Sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

5.  Suwariono Menyatakan akuntansi dapat pula didefinisikan sebagai seni pencararan, penggolongan, peringkasan, dan pelaporan transaksi yang bersifat keuangan yang terjadi dalam suatu perusahaan. Pengertian seni dalam definisi tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa akuntansi bukan merupakan ilmu pengetahuan eksakta, karena dalam proses penalaran dan perancangan akuntansi banyak terlibat unsur pertimbangan (judgment). Pengertian seni mengacu pada suatu keahlian untuk_memilih(prinsip, metode, dan teknik) yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. dari pihak yang menggunakan Akuntansi.

Akuntansi didefinisikan pula sebagai seperangkat, pengetahuan yang memperajari perekayasaan dalam penyediaan jasa, yang berupa informasi keuangan kuantitatif dari suatu unit organisasi dan cara penyampaian (pelaporan) informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan ekonomi.

1 Response to "Pengertian Akuntansi"