Pengertian Aspek-aspek akuntansi



Pengertian akuntansi menurut beberapa ahli ditinjau dari beberapa aspek yaitu :


1.     Akuntansi sebagai Ideologi adalah Pihak yang menggangap akuntansi sebagai ideology mengatakan bahwa akuntansi merupakan alat untuk melegitimasi keadaan dan struktur social, ekonomi, serta politik.

2.     Akuntansi sebagai Bahasa adalah Bahasa perusahaan yang dapat berbicara (berkomunikasi) sendiri tentang suatu perusahaan/organisasi yang dilaporkannya. Sebagai bahasa, akuntansi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

a.     Simbol atau Sifat Lexical adalah Akuntansi memiliki symbol, istilah, kata-kata yang kadang-kadang hanya dipahami oleh mereka yang mengetahui atau menguasai akuntansi itu. Misalnya, neraca, laba rugi, jurnal debit, kredit, buku besar dan lain-lain.

b.     Tata Aturan atau Grammatical Rules adalah Akuntansi memiliki aturan tersendiri sehingga orang dapat memahami bahasa komunikasi akuntansi itu. Misalnya, aturan penempatan akun di sisi debit/kredit, aturan pengakuan, aturan pengukuran, dan sebagainya.

3.     Akuntansi sebagai Catatan Historis adalah Akuntansi telah dianggap sebagai wahana untuk memberikan gambaran tentang sejarah organisasi dan transaksi yang dilakukan dengan lingkungannya di masa lalu. Transaksi itu kemudian dicatat, dibukukan, dan dilaporkan  melalui laporan keuangan. Data dan laporan historis inilah yang dijadikan dasar untuk analisis dan dapat dijadikan alat prediksi keuangan untuk memahami kemungkinan-kemungkinan yang akan timbuk di masa yang akan datang.

4.     Akuntansi sebagai Realitas Ekonomi Saat ini  adalah Akuntansi dianggap dapat memberikan gambaran realitas ekonomi perusahaan pada saat ini. Jadi, laporan akuntansi dianggap sebagai gambaran situasi ekonomi perusahaan pada saat sekarang. Pada saat ini sedang dirancang system akuntansi yang menggunakan harga saat ini atau current value. Sistem akuntansi ini mengacu pada International Financial report Standards (IFRS).

5.     Akuntansi sebagai Sistem informasi adalah Akuntansi merupakan teknik yang menggambarkan proses dari hubungan antar sumber data dan para penerima informasi melalui komunikasi. Akuntansi memiliki siklus yang disebut accounting cycle yang memporses bukti transaksi menjadi bentuk-bentuk informasi yang kita kena dengan laporan kuangan, yang dapat digunakan masyarakat untuk proses pengambilan keputusan.

6.     Akuntansi sebagai Komiditi adalah Komoditi yakni suatu barang yang dijual kepada konsumen karena daya gunannya. Output kuntansi yang berbentuk informasi adalah produk dari suatu “Pabrik” yang dalam konteks ini adalah “system akuntansi”. Output ini dibutuhkan oleh masyarakat karena memberikan manfaat yang besar, terutama bagi para pemakainya dalam proses pengambilan keputusan ekonomi.

7.     Akuntansi sebagai Sitem Pertanggungjawaban adalah AKutansi juga dapat dijakadikan sebagai media untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan suatu perusahaan atau lembaga kepada principal (pemilik).


0 Response to "Pengertian Aspek-aspek akuntansi"

Posting Komentar